Rabu, 10 September 2014

Bahasa Pemrograman

Bahasa Pemrograman HTML, PHP, MySQL, & CSS

* Bahasa pemrograman HTML

Bahasa mark up HTML merupakan bahasa program utama yang digunakan dalam pembuatan website atau blog. Kode ini memiliki arti penting dalam desain web karena merupakan pembentuk struktur dalam website, baik garis, huruf, warna, tampilan latar belakang, kerangka halaman dan elemen-elemen lainnya dalam sebauh halaman website.

Hingga saat ini HTML telah meluncurkan HTML 5 yang merupakan versi terbaru dari bahasa ini. Pengembangan in bertujuan untuk memperkuat dukungan terhadap sistem multimedia terbaru, supaya dapat mudah dibaca dan dipahami oleh komputer dan pendukungnya seperti browser. Meskipun terjadi pengembangan dan penambahan elemen-elemen baru dalam HTML, namun tidak banyak yang berubah, semua masih sama seperti HTML versi sebelumnya.
Sejarah bahasa HTML
Anda mungkin bertanya-tanya tentang sejak kapan bahasa HTML digunakan. Pada tahun 1980, IBM mengembangkan sebuah sistem yang diberi nama Generalized Markup Language atau GML. Lalu pada tahun 1986, ISO atau badan standardisasi dunia menyatakan GML sebagai bahasa standar yang digunakan dalam pembuatan dokumen. IBM lalu mengubah nama GML menjadi SGML dengan tambahan S sebagai singkatan dari Standarized.

HTML sendiri merupakan Subnet atau bagian dari SDML yang dapat juga digunakan untuk menjelajahi internet, terutama yang menggunakan protokol WWW atau Web. Dokumen HTML pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan dokumen yang lain, yakni berisi teks dan kode untuk memformat tampilan teks tersebut. Perbedaan yang adalah penggunaan tag tertentu. Misalnya adalah jika ingin memiringkan teks, harus ditambahkan tag di awal teks dan tag diakhir teks supaya dapat menutup perintah sebelumnya.
Empat elemen pada bahasa HTML pada umumnya adalah:

-   Link
Link adalah pranala atau tautan yang digunakan untuk merujuk pada satu bagian dokumen atau halaman di luar dokumen yang ada. Misalnya jika anda ingin menambahkan link situs tertentu ke dokumen anda, maka anda bisa menggunakan link yang ditautkan pada suatu teks. Link ini akan ditampilkan berbeda, umumnya dengan garis dibawah teks yang bisa diklik untuk menuju ke halaman tertentu.

-   Style teks
Kode ini digunakan untuk menambahkan style atau format pada teks seperti menebalkan, memiringkan, memberi garis bawah serta juga dapat membesarkan dan mengecilkan teks. Dapat juga membuat daftar yang diiringi dengan garis bawah dan format yang standar.

-   Pembuatan obyek
Kode ini dapat digunakan untuk membuat obyek pendukung pada sebuah dokumen seperti membuat tombol, daftar atau garis horizontal.

-   Struktur teks
HTML mengenal struktur teks seperti heading 1, heading 2, paragraf, body atau hal-hal lain seperti dalam format dokumen pada umumnya.
Belajar HTML ini sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan waktu dan pikiran yang tenang untuk belajar. Lalu anda dapat membuka situs w3school.org untuk memulai pelajaran anda tentang HTML. Selamat mencoba!


* Bahasa pemrograman PHP

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang khusus digunakan untuk membuat website atau aplikasi berbasis web. Saat ini, jika anda sekedar ingin membuat sebuah ‘blog’ anda cukup menggunakan CMS (Content Management System). Namun, jika anda hendak membuat aplikasi yang cukup rumit seperti aplikasi Human Resources, Aplikasi Keuangan seperti reksadana, atau aplikasi lainnya yang memerlukan banyak kustomisasi, maka anda perlu mengerti tentang bahasa pemrograman.
PHP bukanlah satu-satunya bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat web. Bahasa pemrograman yang lainnya misalkan ASP.NET, Java dan Ruby. Untuk bahasa pemrograman yang lainnya, mungkin akan saya bahas lain kali.
Kalau anda cari di google, mungkin saat ini sudah banyak yang membahas tentang PHP, karena memang PHP sama sekali bukanlah hal yang baru. Banyak artikel yang membahas tentang PHP bisa anda temukan dengan mudah di internet baik yang berbahasa indonesia apalagi yang berbahasa inggris.
Nah, alasan saya menulis kembali tentang PHP adalah selain untuk mengingat kembali apa yang sebelumnya sudah saya pelajari, juga untuk menambah sumber bacaan yang mudah dipahami terutama bagi yang benar-benar baru dalam dunia pemrograman PHP. Jika anda adalah seorang programmer PHP yang sudah cukup berpengalaman di dunia kerja, saya kira tulisan bukanlah untuk anda :D.
Apa itu PHP?
Dalam membuat website terkadang kita menggunakan bahasa lain juga, seperti HTML dan Javascript, perbedaan antara PHP, HTML dan Javascript secara sederhana adalah sebagai berikut:
PHP
Berjalan pada sisi server (Server Side Scripting Language) dimana kode program dieksekusi oleh web server. Memerlukan sebuah web server untuk bisa menjalankan PHP. Bisa digunakan untuk berinteraksi dengan database.
Bersifat dinamis, yaitu konten dapat berubah-ubah tergantung sumber datanya dan bagaimana data diolah.


* Bahasa pemrograman MySQL
  
MySQL merupakan salah satu jenis software DBMS yang bersifat Open Source. Dengan Open Source ini berarti secara otomatis menyertakan kode sumber yang bisa didapat dengan download secara gratis di internet.
MySQL pada awalnya dibuat oleh sebuah perusahaan konsultan bernama TcX yang berlokasi di Swedia, kemudian beralih ke perusahaan MySQL AB. Dari MySQL AB beralih ke Sun Microsystems, yang sejak 27 Januari 2010 telah menjadi perusahaan bagian dari Oracle Corporation berdasarkan perjanjian tanggal 20 April 2009.
      MySQL dibuat dengan C dan C++. Parser SQL menggunakan yacc dan home-brewed lexer, sql_lex.cc.
MySQL berjalan pada banyak platform sistem yang berbeda, termasuk AIX, BSDi, FreeBSD, HP-UX, i5/OS, Linux, Mac OS X, NetBSD, Novell NetWare, OpenBSD, OpenSolaris, eComStation, OS/2 Warp, QNX, IRIX, Solaris, Symbian, SunOS, SCO OpenServer, SCO UnixWare, Sanos, Tru64 dan Microsoft Windows. Ada juga port MySQL untuk membuka OpenVMS.
      Semua bahasa pemrograman utama dengan API khusus bahasa memasukkan pustaka untuk mengakses database MySQL. Sebagai tambahan sebuah antar muka ODBC, MyODBC membolehkan penambahan bahasa pemrograman yang mendukung antarmuka ODBC untuk berkomunikasi dengan database MySQL, seperti ASP atau ColdFusion. Server MySQL dan pustaka resmi hampir semua diimplementasikan dalam ANSI C / ANSI C++.

KELEBIHAN MySQL
MySQL sebagai salah satu DBMS memiliki keunggulan dan fitur-fitur sebagai berikut :

1. Handal, cepat dan mudah digunakan.

2. Dukungan SQL.

3. Multiplatform dan portable. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.

4. Perangkat lunak sumber terbuka. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumber terbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.

5. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
6. 'Performance Tuning', MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.

7. Ragam tipe data. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.

8. Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).

9. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.

10. Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani database dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.

11. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).

12. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari 20 bahasa. Meskipun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.

13. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).

14. Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk administrasi database, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.

15. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan database lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle.

KELEMAHAN MySQL

Kelemahan MySQL dari dulu sampai sekarang itu adalah 'feature-creep', artinya MySQL berusaha kompatibel dengan beberapa standard serta berusaha memenuhinya. Sampai sini terdengar bagus, namun kalau diungkapkan kenyataannya bahwa fitur-fitur itu belum lengkap dan berperilaku sesuai standar.


* Bahasa pemrograman CSS

Cascading Style Sheets atau CSS adalah suatu bahasa lembar gaya yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalambahasa markah. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).
CSS biasanya digunakan oleh penulis maupun pembaca halaman web untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan dokumen. CSS digunakan terutama untuk memisahkan antara isi dokumen (yang ditulis dengan HTML atau bahasa markah lainnya) dengan presentasi dokumen (yang ditulis dengan CSS). Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak keleluasaan dan kontrol terhadap tampilan, dan mengurangi kompleksitas serta pengulangan pada stuktur isi.

CSS memungkinkan halaman yang sama untuk ditampilkan dengan cara yang berbeda untuk metode presentasi yang berbeda, seperti melalui layar, cetak, suara (sewaktu dibacakan oleh penjelajah web basis-suara atau pembaca layar), dan juga alat pembaca braille. Halaman HTML atau XML yang sama juga dapat ditampilkan secara berbeda, baik dari segi gaya tampilan atau skema warna dengan menggunakan CSS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar